Mar 13, 2014

thank you miyazaki-san

.....so well, kaze tachinu. the wind rises....
sebelumnya, gue pengen ngucapin terima kasih sebanyak-banyaknya buat blitz megaplex, yang entah kenapa tiba-tiba nayangin the wind rises (the wind rises aja ya, di blitz pake judul yang ini soalnya). siapapun bapak/ibu yang bikin keputusan ini, saya doain bisa naik haji, terus masuk surga sekeluarga seumur hidup. amin ya robal alamin.

oke..... the wind rises, ya........
......
........ ..... ................. ...
..
huvvvvvvvvvtttddddhh.. waktu gue nulis ini, atau mungkin sampai tahun 2098 nanti, gue masih gak percaya ternyata gue bisa nonton film ghibli di layar lebar. dulu pernah ada kesempetan sih, di TIM, buat nonton Totoro sama Spirited Away, tapi ya kan bukan bioskop, jadi kayaknya beda. (?)
tapi ya ternyata bener, gue beneran nonton the wind rises di bioskop. nonton film ghibli di bioskop. karya terakhirnya hayao miyazaki.....

gue nonton di blitz grand indonesia, ambil hari pertama, jam 16.30.
sebelumnya gak pernah nonton di situ, pas dateng kaget, kok sepi banget. terus, pas beli tiket ternyata yang keisi baru 2 orang. dikit banget ya.... dan tapi emang akhirnya satu studio itu yang ngisi cuma 9 orang sih. hahahaha
15 menit sebelum masuk, gue deg-degan setengah mampus. bolak-balik kamar mandi, mau beli popcorn malah ke tempat beli tiket, ngecharge hape tapi gak masuk-masuk. gak ngerti mau ngapain. but i know that i'm very very veryverrvyryeryeyryery happy.


hehehe

gue orang pertama yang masuk studio. pasangan cewek-cowok pertama nyusul gak lama setelah gue duduk. kemudian nyusul pasangan cewek-cowok kedua, terus pasangan cewek-cewek, cewek sendiri, dan terakhir om-om jepang yang gak tau gak ngerti kenapa duduk sendiri di bangku paling depan. pengen liat pori-porinya Naoko kali ya. entah.
setelah trailer-trailer gak penting, i don't give a shit, please, just give me the wind rises rIGHT. NAWW!!
.......
....
lalu, lambang studio ghibli muncul.
muka gue penuh dengan cahaya biru.
hati gue warna biru.
mata gue mantulin cahaya biru.
seluruh ruangan warna biru.
gue nangis.

abis ini (mungkin) bakal spoiler, jadi yang belom nonton mending jangan lanjut baca. mending buruan nonton. 
cepet nonton.
nonton.
nonton, anjing. film ghibli di bioskop terUS LU BELOM NONTON JUGA? WAH YAHUDI LU YA? BRENGSEK SESAAT!!!



gue sengaja gak ngikutin the wind rises sama sekali sebelumnya, setelah nonton trailer, dan tau ini karya terakhir hayao miyazaki.. udah. gue pengen pas nonton bakal spesial banget, pengen dikagetin banyak hal.
gue gak nyangka kalo film ini, terutama di bagian tengah penuh sama romance scene(s). ini kayak bukan gaya hayao, malah lebih ke goro, atau lebih mirip ke from up on poppy hill.
tapi bukan berarti jelek ya, film ini bagus. bagus bangeet.... sebenernya hal ini gak perlu dikasih tau sih.

film ini ngalir banget, gak terlalu kenceng, gak terlalu pelan. menjelang akhir film gue malah kepikiran "ini endingnya gimana ya, gue bakal gimana abis ending." "ah durasinya dua jam, masih lama.."
.....dan tiba-tiba filmnya selesai, begitu aja. gue gak nyangka.
"loh kok begini aja?"

film selesai. selama film gue gak ngerasa apapun yang bener-bener bikin gue tercengang, gembira, sedih.
ada, tapi belom sampai tingkatan yang mana film ghibli selalu kasih. tapi kok tiba-tiba filmnya selesai?
.....terus setelah muncul tulisan "The End. Tribute to Jiro Horikoshi", dan lagu hikoukigumo muncul. gue ngerasa kosong. kosong. rasanya kayak ada yang ilang. kayak ada temen deket yang pergi. gue gak tau mesti ngapain. my heart was broken, and i cried so hard during the credit.

gue keluar studio, sampe nyampe di stasiun dengan keadaan entahlah-gue-gak-ngerti-mesti-ngapain.
selagi nunggu kereta pulang, gue duduk bengong.

------

the wind rises mungkin memang bukan film yang punya animasi paling cantik, bukan film dengan scoring paling dahsyat, bukan film dengan plot paling gila, bukan film dengan action paling menegangkan, bukan film yang bikin ketawa sampe ngiler sampe nangis sampe ketawa ngiler lagi.
it's not hayao miyazaki's greatest work. it's.... his farewell letter. for japan. for the world. for us. for me.

thank you miyazaki-san.
thank you. thank you. thank you.
good bye.

No comments:

Post a Comment